Tutorial YQL

YQL Tutorial

Part 1 – PHP and YQL

Empece – Kemaren ane sempet bikin tutor tentang yql yg diterapin pada yahoo pipes. Sekarang ane mau jelasin bagaimana jika yql langsung diterapin ke PHP, tanpa lewat yahoo pipes. Jika ente mau test yql bisa langsung cek di sini : YQL Console. Untuk yg mau belajar tentang xpath bisa langsung cek disini : List of XPath. Sekarang contoh pengambilan nya adalah :

Disitu ane nyedot content pakai tehnik curl seperti yg udah ane bahas sebelumnya. Setelah itu, content yg udah didapat berupa JSON diconvert menjadi array $data.

Sekarang ente coba print_r array $data yg didapat tadi dengan cara dibawah ini :

Maka hasilnya adalah seperti gambar dibawah ini :

Setelah data tampil, kita bisa memanggilnya dengan cara dibawah ini :

Hasilnya berupa php seperti dibawah ini :

Namun disini ada sedikit masalah, curl untuk nyedot content dibatasai waktunya, dan jika content yg disedot tidak kunjung tiba biasanya akan terjadi error seperti dibawah ini :

Error diatas disebabkan lamanya request ke yahoo development kemudian ke website yg bersangkutan, makanya lama. Jadi cek dulu koneksi ente apakah cepet atau lemot.

Part 2 – YQL Multiple Query

Kali ini ane mau nerusin pembahasan tentang YQL. Pada tutorial yg sudah pernah ane buat, menjelaskan tentang bagaimana menggunakan YQL dengan satu Query, dan sekarang akan ane bahas bagaimana jika kita ingin menggunakan YQL pada Multiple Query, alias beberapa query secara bersamaan.

Perlu ane tulis ulang lagi agar tidak terlalu lupa, penggunaan query yg sudah pernah ane tulis adalah dengan menggunakan format seperti dibawah ini. Tolong diperhatikan tanda setiap hurufnya.

Peletakan tanda petik dan dobel petik jangan dibolak-balik, agar penataan scriptnya tidak bingung. Untuk selanjutnya, penulisan script query-nya sama seperti itu.

Tehnik yg digunakan disini adalah menggunakan YQL.QUERY.MULTI dengan menggabungnya pada php. Contohnya adalah seperti ini:

Setelah digabung dan ditulis pada php hasilnya seperti dibawah ini:

Coba perhatikan dengan seksama query yang mempunyai tanda petik atau dobel petik ditambahi tanda “\”, dan setiap query dipisah dengan tanda “;” kecuali pada query terakhir.

Karena ini menggunakan PHP, penyususnan YQL QUERY MULTI bisa menggunakan Array. Contohnya seperti dibawah ini:

Lalu disedot dengan tehnik cURL seperti dibawah:

About the author

blank

empece

Perkenalkan, namaku Iqbal dan aku biasanya bikin script aplikasi berbasis web. Ada beberapa yang udah aku pernah buat, misalkan kasiran, komik reader, rss aggregator, dan lain2. Kalau ada yang mau disampaikan silahkan isi dikolom komentar. Makasih dah mau baca.

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *